MA Libatkan KY Dalam Rangkaian Seleksi Calon Hakim

MA Libatkan KY Dalam Rangkaian Seleksi Calon Hakim

Kai.or.id – Dalam rangkaian seleksi calon hakim, Mahkamah Agung (MA) melibatkan Komisi Yudisial (KY) selaku pemberi materi pendidikan, Jumat (8/9).

“Nanti dalam pendidikan calon hakim ada materi kode etik dan pedoman perilaku hakim, itu langsung diberikan oleh KY,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Abdullah,  di Gedung MA, Jakarta.

Abdullah mengatakan, KY tetap dilibatkan sesuai dengan porsinya mengenai kode etik dan pedoman perilaku hakim (KEPPH), serta diberikan di waktu yang tepat.

“MA dalam seleksi calon hakim bertindak selaku pengguna, sementara seleksi dilakukan dengan sistem yang terdapat di dalam Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Registrasi seleksi calon hakin dilakukan dalam jaringan melalui BKN sejak Selasa 1 Agustus 2017 dan ditutup pada Sabtu 26 Agustus 2017.

Seleksi calon hakim ini kembali dilakukan setelah terakhir dilakukan pada 2010 dan kini dilakukan untuk memenuhi kuota 1.684 orang hakim di seluruh Indonesia.

Selain bekerja sama dengan Kemenpan-RB serta BKN, MA juga bekerja sama dengan Bareskrim Mabes Polri untuk mengamankan proses seleksi calon hakim hingga selesai.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024