Ada Pihak Penghubung Agar Miryam Cabut Kesaksian di BAP

Ada Pihak Beperan Sebagai Penghubung Agar Miryam Cabut Kesaksian di BAP

Kai.or.id – Advokat Farhat Abbas mengatakan bahwa dua advokat yakni Anton Taufik dan Rudi Alfonso hanya berperan sebagai penghubung agar Anggota DPR RI Miryam S Haryani mencabut isi kesaksiannya di Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Hal tersebut saat penyidikan di KPK terkait kasus korupsi e-KTP atau KTP elektronik tahun anggaran 2011.

Keterangan tersebut disampaikan Farhat Abbas saat bersaksi untuk terdakwa Miryam di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, Senin (4/9).

Farhat mendengar keterangan dari Elza Syarief. Elza diperiksa KPK untuk Miryam di penyidikan KPK terkait memberikan keterangan tidak benar.

“Dari keterangan ibu Elza mereka itulah yang merupakan bagian yang berbicara jadi penghubung agar Bu Yani vabut BAP. Jadi penghubung orang-orang yang menekan itu,” ujar Farhat.

Dari keterangan Elza, Farhat mengetahui jika keterangan yang diberikan Miryam saat penyidikan di KPk terkait aliran uang di DPR RI dalam proses e-KTP sudah benar. Hanya saja, Miryam kemudian mendapat tekanan di DPR RI.

Miryam mengungkapkan nama-nama anggota DPR RI yang menekan dia adalah Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanti, Politikus Partai Golkar Chaeruman Harahap dan Markus Nari, Politikus Partai Nasdem Akbar Faisal dan Politikus Hanura Djamal Aziz.

“Dia mendapat tekanan sehingga dia dicabut, waktu itu yang datang hanya Anton Taufik. Mungkin karena itulah sehingga Ibu yani ini kena proses hukum dijadikan tersangka oleh KPK,” jelas Farhat.

Farhat mengatakan, Rudi Alfonso adalah ketua mahkamah partai Golkar. Rudi yang menangani kasus-kasus penting yang membelit kader partai berlambang pohon beringin itu termasuk Setya Novanto. Sementara Anton Taufik adalah Asisten dari Rudi.

Diketahu Miryam kini menjadi terdakwa kasus memberikan keterangan tidak benar saat penyidikan kasus e-KTP di Komisi Pemenberantasan Korupsi (KPK).

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024