Perppu Ormas Akan Dibahas Pada Masa Sidang Periode ini di DPR

Perppu Ormas Akan Dibahas Pada Masa Sidang Periode ini di DPR

Kai.or.id – Wakil Ketua Komisi Pemerintah DPR RI fraksi Partai Gerindra Riza Patria mengatakan Pembahasan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyarakatan atau Perppu Ormas akan dilakukan pada masa sidang periode ini.

“Surat dari pemerintah sudah masuk ke pimpinan DPR, pimpinan juga sudah rapat dengan Badan Musyawarah,” ujar Riza saat ditemui di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (22/8).

Riza menambahkan atas rekomendasi Badan Musyawarah DPR, pimpinan secara resmi telah menyerahkan pembahasan ke Komisi II atau Komisi Pemerintahan. Komisi Pemerintahan sudah melakukan rapat internal untuk memutuskan jadwal rapat terkait Perppu Ormas

“Kami sepakat untuk menyelesaikan (Pembahasan Perppu Ormas) dalam masa sidang ini, Cuma tanggalnya belum ditentukan,” kata Riza.

Pada pertengahan Juli lalu, pemerintah secara resmi menyerahkan draf Perppu Ormas ke pimpinan DPR. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Perppu harus mendapatkan persetujuan dari DPR untuk bisa menjadi Undang-Undang.

Riza mengatakan, sikap dari partainya tetap menolak Perppu ormas tersebut. gerindra konsisten bahwa perppu ormas bertentangan karena kewenangan pengadilan diambil pemerintah.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pemerintahan DPR RI dari fraksi Demokrat, Fandi Utomo menyatakan belum menerima surat resmi dari pimpinan DPR. Fandi mengaku belum mendapat arahan dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono terkait penentuan nasib Perppu ormas.

Saat ini suara sepuluh fraksi di DPR terkait Perppu Ormas masih terbelah, antara mendukung dan menolak, enam fraksi tersebut yaitu PDIP, PPP, PKB, Nasdem, Hanura dan Golkar mendukung. Sedangkan PKS Gerindra, Demokrat dan PAN menolak.

 

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dr. Umar Husin: Keterwakilan Jadi Keunggulan Sistem Presidium Jika Diterapkan di Organisasi Advokat
May 26, 2024
Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024