Presiden Diminta Tegas Dalam Menyikapi Permasalahan Bendera Terbalik

Presiden Diminta Tegas Dalam Menyikapi Permasalahan Bendera Terbalik

Kai.or.id – Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution mengatakan kehormatan Indonesia terhinakan oleh Malaysia, dengan tampilan Bendera Merah Putih terbalik di buku souvenir SEA Games 2017.

Meneger meminta agar Presiden Joko Widodo bertindak tegas terkait masalah ini. Jika Presiden bertindak tegas maka tidak perlu khawatir dicap sebagai dictator. Namun demikian, Jokowi meminta agar tidak usah dibesar-besarkan.

“Presiden sejatinya tidak perlu khawatir dicap dictator apabila member respon lebih lugas, tegas dank eras dari hanya sekedar menyesalkan,” ujar Meneger, Minggu (20/8).

Dikabarkan bahwa Presiden Jokowi telah memberi pernyataan  menyesalkan insiden gambar bendera Indonesia yang terbalik.

Maneger mengungkapkan, Bendera Merah Putih dihormati oleh rakyat Indonesia. Maka kelalaian pemasangan gambar Bendera oleh Malaysia harus direspon secara tegas, lugas dank eras oleh Presiden, meyakini bahwa Bendar bukan sekedar simbol negara, tetapi juga kehormatan Indonesia.

Insiden kesalahan panitia penyelenggara perhelatan olahraga itu adalah dalam pencantuman warna bendera Indonesia pada buku pembukaan SEA Games tepat di halaman ke 80 buku paduan tersebut.

Melalui penyataan resmi Komite SEA Games, Pemerintah Malaysia telah menyampaikan permintaan maaf. Koreksi akan dilakukan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024