Cegah Terorisme dengan UU Terorisme dan Penguatan Kerja BNPT

Cegah Terorisme dengan UU Terorisme dan Penguatan Kerja BNPT

Kai.or.id – Penanggulangan terorisme tepat sasaran dengan keberadaan Undang-Undang Terorisme dan peningkatan kerja bersama antar lembaga. Hal tersebut diungkapkan Dewan Perwakilan Daerah Dapil Bali I Gede Pasek Suardika, di Jakarta, Jumat (18/8).

Masalah terorisme merupakan masalah transnasional, karena itu posisi penguatan Badan Nasional Penanggulanagan Terorisme (BNPT) harus dalam antisipasi yang sama. Baik pemerintah maupun non pemerintah harus meningkatkan kerja sama untuk penanggulangan kedepan.

Kebutuhan BNPT harus berani membuat inovasi dan tidak terpaku dengan model penanggulangan terorisme cara lama

I Gede memberikan apresiasi kepada Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, dengan beberapa program terobosan yang telah dibuat, terutama pencegahan terorisme dari hilir sampai ke hulu.

“BNBT harus didukung model-model penanggulangan terorisme yang baru dan mutakhir, karena tidak mungkin kita menunggu, sementara terorisme bergerak terus memanfaatkan kemajuan teknologi,” ujar I Gede.

I Gede memberikan analogi kasus telegram. Ia memaparkan telegram adalah media sosial yang dikelola oleh kekuatan dari luar dan berhasil dimanfaatkan jaringan terorisme untuk melakukan komunikasi dan melakukan penyebaran ideologi mereka. Namun pemerintah berhasil menekan pengelola  Telegram agar mau bekerja sama dalam urusan terorisme.

“UU terorisme harus disegerakan terutama dalam langkah pencegahan, karena tumbuh kembang terorisme makin mengglobal,” kata I Gede .

I Gede memaparkan penanggulangan terorisme polanya harus preventif, tidak bisa kuratif. Lebih baik mencegah, daripada menindak. Tapi masalahnya UU Terorisme belum mendukung.

 

 

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024