Susunan Acara Agenda Besar Kenegaraan: Sidang Tahunan MPR 2017

Susunan Acara Agenda Besar Kenegaraan: Sidang Tahunan MPR 2017

Kai.or.id – Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 dilaksanakan di Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (16/8) sejak pagi.

Para anggota MPR mulai memasuki ruang sidang paripurna, Gedung Nusantara pukul 08.00 WIB. Sebelum memasuki ruangan para anggota diwajibkan mengisi daftar hadir. Kemudian daftar hadir tersebut akan desrahkan kepada pimpinan MPR, selaku pimpinan sidang, menyatakan quorum atau tidak sidang tersebut.

Saat anggota MPR memasuki ruang sidang, pimpinan lembaga negara MPR, DPR, DPD, BPK, MA, MK dan KY berada di ruang tunggu utama untuk menyambut kedatangan Presiden beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden beserta Ibu Hj Mufida Kalla.

“Wakil Presiden datang terlebih dahulu, disusul oleh kedatangan Presiden,” ujar Kepala Biro Humas MPR, Siti Fauziah.

Setelah para pimpinan lembaga negara dan Presiden serta Wakil Presiden yang didampingi oleh istri bertemu di ruang utama, para istri akan menuju ke Blok B, Gedung Nusantara.

“Ibu Iriana dan Ibu Mufida akan didampingi oleh Ibu Soraya Zulkifli Hasan, Deisti Astriani Novanto dan Ibu Serviati Oesman Sapta,” tambah Siti.

Sebelum Presiden, Wakil Presiden dan para Pimpinan lembaga masuk ke dalam Gedung Nusantara, secara protokoler mereka harus mengikuti sesi foto bersama.

Selepas sesi ini Presiden, Wakil Presiden dan Pimpinan lembaga negara dipersilahkan memasuki ruang sidang.

Tepat pukul 09.00 WIB, Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 dimulai. “Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti seluruh hadirin,” katanya.

Selepas menyanyikan lagu kebangsaan, Ketua MPR memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang dan mendoakan arwah para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia.

Selanjutnya MPR membuka sidang tahunan. Sidang dibuka untuk menyatakan sidang quorum dan sah serta menjelaskan apa sidang tahunan itu dan selanjutnya mempersilahkan Presiden untuk menyampaikan pidato tentang kinerja lembaga negara.

“Pidato Presiden dimulai pukul 09.22 WIB. Akan selesai pukul 10.05 sesuai jadwal,” tambahnya.

Selepas itu sususan acara adalah pembacaan doa yang dipimpin anggota MPR Fraksi PKS Tifatul Sembiring.

Selanjutnya pimpinan sidang menutup Sidang Tahunan MPR Tahun 2017. Usai Sidang Tahunan MPR, para wakil rakyat tetap berada di Gedung Nusantara untuk melanjutkan Sidang Bersama DPR dan DPD.

 

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024