Jaksa: Setya Novanto Miliki Peran Memuluskan Anggaran Proyek e-KTP

Jaksa: Setya Novanto Miliki Peran Memuluskan Anggaran Proyek e-KTP

Kai.or.id – Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai Andi Narogong adalah perpanjangan tangan Setya Novanto dalam kasus korupsi proyek pengadaan E-KTP, Senin (14/8).

Jaksa menilai Novanto memiliki peran penting untuk memuluskan anggaran proyek tersebut. “Terdakwa adalah representasi dari Setya Novanto,” ujar Jaksa KPK Irene Putri, saat membacakan dakwaan terhadap Andi Narogong, di Pengadilan Tindak Pidana Korupi (Tipikor), Jakarta.

Jaksa menyebutkan Andi pernah mengajak pejabat Kementrian Dalam Negeri, Irman bertemu Setya Novanto pada Februari 2010 di Hotel Grand Melia. Pertemuan tersebut juga dihadiri Sekretaris jenderal Kementrian dalam Negeri Diah Anggareni dan pejabat lainnya, Sugiharto.

Selain itu, Setya Novanto dan Andi mengajak Irman bertemu di ruang kerjanya di DPR. Tujuannya untuk meminta kejelasan soal anggaran proyek tersebut. saat itu, Setya Novanto mengatakan sedang berkoordinasi untuk pembahasan anggaran proyek senilai Rp 5,9 triliun.

Jaksa mengungkapkan adanya pertemuan Andi Narogong, Diah Anggraeni dan Menteri Dalam Negeri Gamanawan Fauzi untuk membahas sistem informasi dan proses pendahuluan anggaran negara.

“Kemudian disepakati proyek e-KTP untuk prioritas utama yang akan dibiayai APBN murni,” lanjutnya.

Jaksa mencatat Andi melakukan pertemuan di beberapa tempat utuk mengatur proyek tersebut. bebrapa diantaranya di kantor Kementrian Dalam Negeri, Graha Mas Fatmawati Blok B Nomor 33-3 dan Hotel Sultan Jakarta.

KPK sudah menduga dugaan keterlibatan Andi Narogong dalam proyek e-KTP. Andi diduga berperan aktif dalam proses penganggaran serta pelaksanaan pengadaan barang dan jasa proyek e-KTP. Bahkan Andi diduga berkoordinasi dengan tim Fatmawati untuk mengatur pemenangan tender proyek e-KTP.

 

 

Source: tempo

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024