Polisi Kawal 143 Penipu dan Pemerasan Dideportasi ke Negara Asal

Polisi Kawal 143 Penipu dan Pemerasan Dideportasi ke Negara Asal

Kai.or.id – Polisi mengawal pemulangan 143 Warga Negara Cina tersangka penipuan dan pemerasan, Kamis (2/8).

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Didik Sugiarto mengatakan, seluruh penjahat cyber akan dipulangkan menggunakan dua penerbangan pesawat, yakni China Eastern MU7021 dan China Southern CZ8683.

“Kami hanya mengawal, deportasinya itu domain imigrasi dan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait,” ujar Didik di Mapolres Bandara

Para tersangka diangkut dengan empat bus dari Polda Metro Jaya. Singgah di Mapolres Bandara, bus bus itu sampai di pintu terminal 2D dan E Bandara Soekarno Hatta pukul 11.00. mereka dikawal ketat oleh polisi bersenjata laras panjang dengan tangan diborgol.

Polisi menangkap 148 tersangka asal China dan Taiwan di Jakarta, Bali dan Surabaya Sabtu 29 Juli 2017. Mereka menipu dan memeras korban sejak Maret 2017.

Modusnya, mereka menelpon korban dan mengaku sebagai polisi dan jaksa. Korban dinyatakan terlibat masalahdan mengancam akan dipindahkan jika tidak membayar sejumlah uang. Di Jakarta, tindak kejahatn itu mereka lakukan di sebuah rumah di Jalan Sekolah Duta Raya Nomor 5 Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Selama beraksi di Indonesia, mereka sudah meraup keuntungan sekitar Rp 6 Triliun. “Kejahatan ini terungkap karena ada korban yang menyadari tertipu dan melapor ke kepolisian Cina,” jelas Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besaar Raden Prabowo Argo Yuwono.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024
RDP Pimpinan Se-Indonesia, Pengurus Daerah Solid Dukung Sistem Presidium Gantikan Sistem Presidensil di KAI
May 22, 2024
aldwin rahadian megantara vice president kongres advokat indonesia
Ciptakan OA yang Kondusif, DPP KAI Gelar RDP Bahas Sistem Kepemimpinan Presidium
May 22, 2024