KY Turunkan Tim Pemantau Sidang Putusan Praperadilan BLBI

KY Turunkan Tim Pemantau Sidang Putusan Praperadilan BLBI

Kai.or.id – Komisi Yudikatif (KY) akan memantau putusan gugatan praperadilan mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syarifudin Arsyad Temanggung dalam kasus dugaan suap penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Rabu (2/8).

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan membacakan putusannya, sekitar pukul 16.00 WIB.

“Untuk sidang putusan praperadilan kasus BLBI, KY menurunkan tim pemantau di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,” Ucap Jubir KY Farid Wadji dalam keterangannya di Jakarta.

Farid mengatakan, proses pemantauan tersebut merupakan sebagai bentuk KY melaksanakan perintah UU dan upaya memastikan bahwa proses sidang berjalan sebagaimana mestinya.

“sehubungan dengan itu, KY akan fokus pada etika hakim dalam prosesi persidangan ini, baik perilaku di dalam sidang maupun perilaku di luar sidang,” ungkap Farid.

Dia berharap agar semua pihak menghormati apa yang menjadi putusan hakim. Dia juga meminta tetap menjaga independensinya.

“Kami juga meminta semua pihak menghormati profesi dan putusan hakim dengan menjaga independensi dan imparsialitasnya,” jelas Farid.

Pada kasus ini, KPK menetapkan mantan Kepala BPPN Syafrudin Arsyad Tumenggung sebagai tersangka penerbitan SKL BLBI untuk Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) milik Sjamsul Nursalim. Penerbitan SKL itu diduga merugikan negara hingga Rp 3,7 Triliun.

Atas perbuatannya, Syafruddin Tumenggung disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sjamsul Nursalim sendiri diminta oleh KPK untuk kembali ke Tanah Air untuk memudahkan penyidikan. Sjamsul diketahui tengah berada di Singapura.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024
RDP Pimpinan Se-Indonesia, Pengurus Daerah Solid Dukung Sistem Presidium Gantikan Sistem Presidensil di KAI
May 22, 2024
aldwin rahadian megantara vice president kongres advokat indonesia
Ciptakan OA yang Kondusif, DPP KAI Gelar RDP Bahas Sistem Kepemimpinan Presidium
May 22, 2024