1.684 Kursi Formasi Hukum Siap Diisi CPNS 2017.

1.684 Kursi Formasi Hukum Siap Diisi CPNS 2017.

Kai.or.id – Mahkamah agung (MA) membuka lowongan untuk 1.684 formasi hukum pada Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2017, Rabu (2/8).

Seleksi CPNS tahun ini, MA menawarkan tiga formasi jabatan yakni Formasi Umum, Formasi Cumlaude dan Formasi Khusus Papua dan Papua Barat.

Pendaftaran CPNS dimulai Selasa 1 Agustus 2017 secara online. Dilansir dari situs resmi mahkamahagung.go.id. Pada formasi umum, MA menawarkan tiga jabatan. Pertama, 907 kursi jabatan calon hakim pada peradilan umum ditujukan untuk lulusan S1 jurusan Hukum.

Selanjutnya, MA menawarkan 543 kursi untuk jabatan Calon Hakim pada Peradilan Agama bagi lulusan Sarjana Syariah, Sarjana Hukum Islam dan Sarjana Hukum.

Adapun yang ketiga yaitu Calon Hakim Peradilan Tata Usaha Negara. Jabatan ini ditujukan untuk Sarjana Hukum, dengan jumlah kursi yang disediakan lebih kecil dibandingkan kedua jabatan formasi umum lainnya yakni 34 posisi.

Pada formasi cum laude, MA menawarkan tiga jabatan dengan posisi kursi yang lebih sedikit dibandingkan dengan formasi umum. Jabatan Calon Hakim pada Peradilan Umum jumlah kursi 103.

Sementara itu Jabatan Calon Hakim pada Peradilan Agama menyediakan 62 kursi. Dan terakhir MA membutuhkan tiga Calon Hakim Peradilan Tata Usaha Negara.

Kemudian untuk formasi khusus Papua dan Papua Barat, MA menyediakan 32 kursi yang terbagi atas tiga jabatan yang sama seperti formasi umum dan cumlaude. Formasi jabatan ini dikhususkna unutk pelamar yang memiliki garis keturunan orangtua (bapak) asli Papua dan Papua Barat dibuktikan dengan akta kelahiran.

Selain itu, CPNS harus menamatkan pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas di Papua atau Papua Barat dengan menunjukan ijazah yang dilegalisir.

Para pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan menjalani tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test sesuai dengan lokasi tes yang dipilih.

Peserta yang lolos SKB kemudian akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari test bidang hukum, psikotes dengan bobot 25 persen dan wawancara dengan bobot 25 persen. Khusus pelamar Calon Hakim Peradilan Agama akan ditambahkan materi membaca dan memahami kitab kuning.

Dijadwalkan MA akan mengumumkan kelulusan akhir CPNS 31 Oktober 2017 mendatang.

Lowongan MA ini merupakan lowongan hakim terbaru sejak 2011. Sebelumnya, MA tidak pernah membuka lowongan calon hakim selama enam tahun belakangan. (HSN)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024