Suasana Pertemuan Pansus Hak Angket KPK dengan Koruptor di Sukamiskin
Suasana Pertemuan Pansus Hak Angket KPK dengan Koruptor di Sukamiskin

Suasana Pertemuan Pansus Hak Angket KPK dengan Koruptor di Sukamiskin

Kumparan.com – Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK masih berada di Lapas Sukamiskin Bandung, untuk menggelar rapat dengan para koruptor, terkait dugaan pelanggaran prosedur penanganan kasus korupsi oleh KPK.

Bagaimana suasana di dalam Lapas?

Pertemuan itu berlangsung tertutup sejak sekitar pukul 10.40 WIB di salah satu ruangan, Lapas Sukamiskin, Kamis (6/7). Dikutip dari Facebook DPR RI, agenda dimulai dengan pertemuan antara rombongan Pansus yang dipimpin Agun Gunandjar Sudarsa dengan pihak Lapas dan Dirjen PAS Kemenkumham.

“Kami ingin mengetahui data pidana korupsi secara keseluruhan. Kita ingin mengetahui yang kedua terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan proses penegakan hukum,” kata Agun dalam pertemuan itu, Kamis (6/7).

“Kami juga mau menyelidiki soal uang pergantian dari para napi koruptor,” tambahnya.

Selain Agun, hadir Dossy Iskandar, Mukhamad Misbakhun, Daeng Muhammad, Masinton, Arteria Dahlan, Syarif Alkadri dan Taufiqulhadi.

Setelah itu, Pansus kemudian melakukan rapat bersama para napi tersebut berbincang soal proses penanganan perkara korupsi oleh KPK, yang dialami oleh para napi korupsi. Setelah itu, anggota pansus melakukan istirahat sejenak di area Lapas Sukamiskin. Anggota pansus Masinton Pasaribu terlihat paling aktif menyapa para napi koruptor tersebut.

Informasi yang dihimpun kumparan (kumparan.com) di lokasi, napi yang ditemui antara lain: terpidana kasus suap hakim OC Kaligis, terpidana kasus suap proyek infrastruktur Putu Sudiartana, terpidana kasus suap anggota DPR, Rudi Rubiandini yang tertangkap ketika masih menjabat sebagai Kepala SKK Migas.

Pansus juga menemui terpidana kasus suap penanganan perkara Akil Mochtar yang tertangkap saat menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi. Ada juga mantan Bupati Buol Amran Batalipu yang terkena kasus korupsi izin perkebunan. Terpidana kasus suap terhadap Akil Mochtar, Tubagus Chaeri Wardana serta eks Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karno yang terkena kasus suap kepada Sutan Bhatoegana juga ditemui pansus.

Lalu terpidana kasus korupsi bansos Dada Rosada yang tertangkap saat menjadi Wali Kota Bandung. Pansus juga menemui terpidana kasus suap proyek infrastruktur Budi Supriyanto dan mantan pegawai pajak DJP DKI Jakarta Wahono Saputro .

Hingga pukul 17.40 WIB, pertemuan itu masih berlangsung di dalam ruangan yang sama di Lapas Sukamiskin, Bandung. Hasil pembicaraan dengan para koruptor itu akan menjadi salah satu bahan evaluasi Pansus terhadap KPK.

Setelah dari Sukamiskin, Pansus juga akan mengunjungi Lapas Pondok Bambu pada pekan depan untuk menemui koruptor lainnya, terpidana wanita. Sebelumnya Pansus sudah menemui Badan Pemeriksa Keuangan untuk meminta hasil audit laporan keuangan KPK.

Pansus juga akan mengundang pakar atau ahli dan instansi lain yang bisa memberikan masukan untuk mengevaluasi kinerja KPK.

Kongres Advokat Indonesia

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024
RDP Pimpinan Se-Indonesia, Pengurus Daerah Solid Dukung Sistem Presidium Gantikan Sistem Presidensil di KAI
May 22, 2024
aldwin rahadian megantara vice president kongres advokat indonesia
Ciptakan OA yang Kondusif, DPP KAI Gelar RDP Bahas Sistem Kepemimpinan Presidium
May 22, 2024