Korupsi Pelepasan Aset BUMD, Dahlan Iskan Divonis Dua Tahun
Korupsi Pelepasan Aset BUMD, Dahlan Iskan Divonis Dua Tahun

Korupsi Pelepasan Aset BUMD, Dahlan Iskan Divonis Dua Tahun

Cnnindonesia.com – Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya, Jawa Timur menjatuhkan vonis dua tahun penjara pada mantan Menteri Badan Usaha Milik Negera Dahlan Iskan. Vonis dijatuhkan karena Dahlan terbukti korupsi dalam pelepasan aset Badan Usaha Milik Daerah Jawa Timur, PT Panca Wira Usaha.

Meski divonis dua tahun, Dahlan tidak ditahan di jeruji besi. Hakim memutuskan penahanan kota untuk mantan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara itu.

“Menjatuhkan terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama dua tahun dalam bentuk penahanan kota,” kata ketua majelis hakim M Tahsin di Pengadilan Tipkor Surabaya, Sidoarjo seperti dikutip dari Detik.com, Jumat (21/4).

Hakim juga memvonis Dahlan dengan denda Rp100 juta dengan ketentuan jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan penjara selama dua bulan.

Hakim menyatakan Dahlan terbukti korupsi secara bersama-sama, sebagaimana yang disebutkan dalam dakwaan subsider yaitu pasal 3 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi.

Sementara untuk dakwaan primer yaitu pasal 2 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi, Dahlan dinyatakan tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Dahlan sendiri langsung menyatakan banding atas putusan tersebut. “Setelah berkoordinasi dengan kuasa hukum saya nyatakan banding,” kata Dahlan.

Sementara itu, jaksa penuntut umum mengaku masih pikir-pikir terkait vonis yang dijatuhkan kepada Dahlan. Pasalnya vonis tersebut empat tahun lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut enam tahun penjara dan denda sebesar Rp750 juta serta membayar ganti rugi sebesar Rp4,3 miliar.

Kongres Advokat Indonesia

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024
RDP Pimpinan Se-Indonesia, Pengurus Daerah Solid Dukung Sistem Presidium Gantikan Sistem Presidensil di KAI
May 22, 2024
aldwin rahadian megantara vice president kongres advokat indonesia
Ciptakan OA yang Kondusif, DPP KAI Gelar RDP Bahas Sistem Kepemimpinan Presidium
May 22, 2024