Ketua KPK: Banyak Penyidik Seperti Novel Baswedan Risiko Diancam
Ketua KPK Banyak Penyidik Seperti Novel Baswedan Risiko Diancam

Ketua KPK: Banyak Penyidik Seperti Novel Baswedan Risiko Diancam

Tempo.co – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo menuturkan adanya penyidik yang tersorot publik seperti Novel Baswedan sangat berisiko. Komisi antirasuah tersebut kini tengah berusaha memitigasi risiko ancaman terhadap penyidik.

“Banyak personel kita seperti Pak Novel, terpapar publik yang ini bagi penyidik enggak ideal,” kata Agus saat diskusi di Markas Grup Band Slank, Jalan Potlot III, Jakarta, Rabu, 12 April 2017.

Menurut dia, bukan hanya penyidik yang terpapar di publik yang berisiko diancam saat menangani kasus, tetapi juga jaksa penuntut yang ada di setiap persidangan. “Itu bahaya juga,” ujarnya. Agus menilai pengamanan terhadap penyidik perlu ditambah.

Peningkatan perlindungan terhadap penyidik KPK dilakukan pasca-insiden penyiraman air keras oleh dua orang tak dikenal kepada Novel Baswedan, Selasa kemarin. Teror ini bukan teror pertama untuk Novel yang mengalami ancaman ketika menangani kasus korupsi besar.

Pasca-insiden tersebut, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan akan meningkatkan perlindungan terhadap para penyidik dengan pengawalan. Bentuknya, memberi pengawal atau ajudan pribadi saat menyidik kasus besar yang melibatkan orang penting.

Tak hanya penyidik, Agus menilai komisi perlu mengantisipasi risiko lain seperti data dan aset KPK. “Supaya tidak bocor ke luar,” ujarnya. Mitigasi tersebut, kata dia, diharapkan dapat menjaga data dan aset KPK dengan baik.

Kongres Advokat Indonesia

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024
RDP Pimpinan Se-Indonesia, Pengurus Daerah Solid Dukung Sistem Presidium Gantikan Sistem Presidensil di KAI
May 22, 2024
aldwin rahadian megantara vice president kongres advokat indonesia
Ciptakan OA yang Kondusif, DPP KAI Gelar RDP Bahas Sistem Kepemimpinan Presidium
May 22, 2024