Kompolnas Usulkan Budi Gunawan dan Budi Waseso untuk Kapolri
Kompolnas Usulkan Budi Gunawan dan Budi Waseso untuk Kapolri

Kompolnas Usulkan Budi Gunawan dan Budi Waseso untuk Kapolri

Kompolnas Usulkan Budi Gunawan dan Budi Waseso untuk Kapolri

Edisinews.com – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengirimkan surat rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo, dengan mengusulkan nama calon Kapolri baru menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti, yang masa tugasnya akan berakhir atau memasuki pensiun pada Juli mendatang.

Surat Kompolnas itu berisikan dua nama calon Kapolri yakni Wakil Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan dan Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol Budi Waseso. Sementara itu, Presiden menyatakan belum memutuskan nama calon pengganti untuk Badrodin.

“Sampai saat ini belum diputuskan, dan usulannya belum sampai di meja saya dari Kompolnas,” kata Presiden didampingi Wapres Jusuf Kalla, usai menghadiri acara buka puasa yang diadakan Partai NasDem, Selasa (7/6) malam di Jakarta.

Presiden juga belum memutuskan kriteria calon Kapolri yang dinilainya layak untuk mengisi posisi Tri Brata-1.

Sebelumnya, usai rapat kerja pemerintah di kementerian keuangan, Jakarta, Selasa pagi, Presiden menegaskan akan mempertimbangkan masukan berbagai pihak terkait perpanjangan ataupun penggantian jabatan Kapolri.

“Yang jelas saya mendengarkan masukan dari Polri, Kompolnas, dan masyarakat. Selanjutnya, dalam memutuskan saya ikuti aturan dan undang-undang yang ada. Tidak mungkin nabrak,” ujarnya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Presiden memiliki hak prerogatif dalam menentukan perpanjangan atau pergantian Badrodin selaku Kapolri.

Disebutkan, usulan calon Kapolri sudah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan yang juga Ketua Kompolnas. Namun, tidak menutup kemungkinan Presiden akan memilih nama lain di luar calon usulan Kompolnas.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024