Kompolnas Usulkan Budi Gunawan dan Budi Waseso untuk Kapolri
Kompolnas Usulkan Budi Gunawan dan Budi Waseso untuk Kapolri

Kompolnas Usulkan Budi Gunawan dan Budi Waseso untuk Kapolri

Kompolnas Usulkan Budi Gunawan dan Budi Waseso untuk Kapolri

Edisinews.com – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengirimkan surat rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo, dengan mengusulkan nama calon Kapolri baru menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti, yang masa tugasnya akan berakhir atau memasuki pensiun pada Juli mendatang.

Surat Kompolnas itu berisikan dua nama calon Kapolri yakni Wakil Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan dan Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol Budi Waseso. Sementara itu, Presiden menyatakan belum memutuskan nama calon pengganti untuk Badrodin.

“Sampai saat ini belum diputuskan, dan usulannya belum sampai di meja saya dari Kompolnas,” kata Presiden didampingi Wapres Jusuf Kalla, usai menghadiri acara buka puasa yang diadakan Partai NasDem, Selasa (7/6) malam di Jakarta.

Presiden juga belum memutuskan kriteria calon Kapolri yang dinilainya layak untuk mengisi posisi Tri Brata-1.

Sebelumnya, usai rapat kerja pemerintah di kementerian keuangan, Jakarta, Selasa pagi, Presiden menegaskan akan mempertimbangkan masukan berbagai pihak terkait perpanjangan ataupun penggantian jabatan Kapolri.

“Yang jelas saya mendengarkan masukan dari Polri, Kompolnas, dan masyarakat. Selanjutnya, dalam memutuskan saya ikuti aturan dan undang-undang yang ada. Tidak mungkin nabrak,” ujarnya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Presiden memiliki hak prerogatif dalam menentukan perpanjangan atau pergantian Badrodin selaku Kapolri.

Disebutkan, usulan calon Kapolri sudah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan yang juga Ketua Kompolnas. Namun, tidak menutup kemungkinan Presiden akan memilih nama lain di luar calon usulan Kompolnas.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024