Marak Kasus Korupsi Penegak Hukum, KPK Akan Dialog dengan MA & KY

Marak Kasus Korupsi Penegak Hukum, KPK Akan Dialog dengan MA & KY

Marak Kasus Korupsi Penegak Hukum, KPK Akan Dialog dengan MA & KY

Sindonews.com – Terungkapnya sejumlah kasus suap dan korupsi di sektor peradilan, menjadikan Mahkamah Agung (MA) dan Komisi Yudisial (KY) harus berbenah.

Kasus yang terbaru adalah, dua orang hakim dan seorang panitera di Pengadilan Negeri (PN) Kepahiang, Bengkulu, dibekuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai melakukan transaksi suap.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan, ini bukan kali pertama KPK menangkap hakim lantaran terjerat perkara suap.

Menurut Yuyuk, kejadian ini sudah berulang. Timbul kecurigaan, ada kebrobrokan sistem yang tengah melanda peradilan kita.

“Kita sudah berkali-berkali menemukan hal ini, kalau sudah masuk ke dalam penindakan tapi tidak ada juga efek jera, berarti ada yang salah,” kata Yuyuk, Rabu (25/5/2016).

Yuyuk mengatakan, ke depan korupsi atau suap di sektor peradilan akan menjadi perhatian khusus KPK. Salah satunya dengan membuka dialog dengan MA dan KY untuk membenahi sistem peradilan di Indonesia,

“Kejadian ini juga berulang, (KPK) akan membuka dialog perbaikan sistem di pengadilan baik dengan MA maupun dengan KY,” tandas Yuyuk.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024