Hakim Gayus Usulkan Pembenahan Distribusi Perkara kepada Majelis Hakim
Hakim Gayus Usulkan Pembenahan Distribusi Perkara kepada Majelis Hakim

Hakim Gayus Usulkan Pembenahan Distribusi Perkara kepada Majelis Hakim

Hakim Gayus Usulkan Pembenahan Distribusi Perkara kepada Majelis Hakim

Metrotvnews.com – Hakim Agung Gayus Lumbun menilai bakal terjadi turbulensi bila kasus perdagangan perkara di Mahkamah Agung benar terjadi. Gayus mengaku tidak bisa membantah dugaan tersebut.

Perdagangan perkara itu, lanjutnya, bisa saja melibatkan birokrasi dan hakim agung yang tidak berintegritas. “Tentu yang bersangkutan punya hubungan khusus dan ini yang harus diungkapkan. Karena kami selama ini di dalam tidak melihat itu. Tapi, kami rasakan berita di luar, goncangan yang terjadi, peradilan di bawah Mahkamah Agung dan mengaitkan nama hakim agung ini perlu kejelasan konkret,” kata Gayus dalam Program Primetime News Metro TV, Rabu (18/5/2016).

Dia mengungkapkan, selama ini penunjukan komposisi hakim terhadap perkara tertentu datang dari ketua kamar atau ketua muda bidang masing-masing kamar. Gayus mengaku tidak pernah diatur oleh siapapun terkait perkara yang ditanganinya.

Gayus pun mendesak agar pimpinan MA segera menyikapi dugaan yang dapat meruntuhkan kewibawaan dunia peradilan Indonesia. “Ini harus segera diatasi pimpinan MA. Sehingga publik tidak dibingungkan atau (publik) tidak percaya lagi dengan pengadilan. Ini yang perlu ditelusuri dengan benar,” ucapnya.

Dia mengusulkan adanya pembenahan pendistribusian perkara kepada majelis hakim. Pendistribusian yang disertai nomor urut masuknya perkara harus dilakukan secara acak dan transparan. “Sehingga tidak terjadi perencanaan (pemberian perkara) kepada majelis yang mana,” tutur Gayus.

Mantan Komisioner Komisi Yudisial Imam Anshori Saleh menambahkan, dirinya kerap mendapatkan laporan perdagangan perkara. Akan tetapi, pihaknya tidak memiliki bukti yang cukup.

“Saya banyak laporan dulu dari pencari keadilan bagaimana hakim agung dan biasa di pengadilan negeri, ada yang mengatur walaupun sulit dibuktikan.Teman saya pengusaha bercerita dia mengurus perkara sampai ketemu petinggi birorkrasi di MA. Sejumlah orang antri di situ,” tandasnya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024