Kasus Korupsi oleh Anggota Dewan dan Pemimpin Daerah Marak, Ini Kata Ketua MPR
Kasus Korupsi oleh Anggota Dewan dan Pemimpin Daerah Marak, Ini Kata Ketua MPR

Kasus Korupsi oleh Anggota Dewan dan Pemimpin Daerah Marak, Ini Kata Ketua MPR

Kasus Korupsi oleh Anggota Dewan dan Pemimpin Daerah Marak, Ini Kata Ketua MPR

Kompas.com – Ada satu lagi permasalahan bangsa yang menjadi perhatian Ketua MPR Zulkifli Hasan yaitu korupsi. Ironisnya kasus-kasus korupsi yang ramai terjadi melibatkan begitu banyak kepala daerah dan wakil rakyat. Keprihatinan tersebut disampaikannya pada kesempatan kunjungan ke Pesantren Bahrul Maghfiroh, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/5/2016) untuk Sosialisasi Empat Pilar.

Ketua MPR mengatakan salah satu cara untuk meminimalisir oknum anggota wakil rakyat dan pemimpin daerah yang korupsi adalah pendidikan politik yang baik. Wakil rakyat dan pemimpin daerah yang dipilih adalah tanggung jawab pemilihnya juga. “Wakil rakyat dan kepala daerah adalah cerminan rakyatnya, yang pilih DPR dan kepala daerah siapa? Kenapa yang tidak baik dipilih?” ujarnya.

Zulkifli mendorong rakyat agar memilih pemimpin yang berintegritas, berpendidikan, punya visi dan tidak melakukan money politic. Untuk dapat mengidentifikasi pemimpin-pemimpin seperti ini masyarakat perlu diajarkan pendidikan demokrasi.

“Sekarang ini yang populer kan NPWP, nomor piro wani piro. Kalau demokrasi mahal pilkada dan pileg mahal, calon-calon pemimpin ketemu tauke-tauke besar sebelumpemilihan, bagaimana nanti setelah jadi pemimpin. Pasti cari uang agar balik modal. Lima KPK juga tidak cukup!” katanya.

Terkait dengan santer terdengarnya isu kunjungan kerja fiktif para anggota dewan yang menyebabkan kerugian negara hingga triliunan rupiah, Zulkifli belum mau menanggapi secara mendalam. “Kita pastikan dulu, kita jangan cepat bereaksi juga dengan berita-berita seperti ini. Kita pastikan dulu,” ujarnya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024