Petikan Putusan Sudah Dikirim, Yance Bisa Langsung Dieksekusi Jaksa
Petikan Putusan Sudah Dikirim, Yance Bisa Langsung Dieksekusi Jaksa

Petikan Putusan Sudah Dikirim, Yance Bisa Langsung Dieksekusi Jaksa

Petikan Putusan Sudah Dikirim, Yance Bisa Langsung Dieksekusi Jaksa

Detik.com – Mahkamah Agung (MA) memastikan sudah mengirim petikan putusan kasasi ke mantan Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin alias Yance para pihak. MA menegaskan bahwa petikan putusan itu sudah bisa dijadikan dasar untuk mengeksekusi Yance ke dalam penjara selama 4 tahun.

“Sudah dikirim beberapa hari lalu,” kata juru bicara MA hakim agung Suhadi saat berbincang dengan detikcom, Rabu (11/5/2016).

Pihak kejaksaan berdalih petikan putusan tidak bisa dijadikan dasar eksekusi terpidana dan masih menunggu salinan putusan. Padahal dalam praktiknya, petikan putusan sudah lazim digunakan. Di mana petikan putusan adalah ringkasan putusan sebanyak dua lembar sedangkan salinan putusan adalah dokumen putusan yang dibuat sebagaimana aslinya.

“Petikan sudah bisa dipakai untuk eksekusi,” kata Suhadi menegaskan.

Petikan ini pula yang mendasari jaksa mengeksekusi Hotasi Nababan. Terpidana korupsi itu ditangkap di Terminal C Bandara Soekarno-Harra pada 22 Juli 2014 pada pukul 19.30 WIB. Hotasi dihukum 4 tahun penjara karena melakukan tindak pidana korupsi saat menjabar Dirut Merpati Nusantara.

Begitu juga dalam kasus eksekusi mati Zainal Abidin. Peninjauan Kembali (PK) Zainal Abidin ditolak MA dalam sidang majelis PK yang digelar pada 27 April 2015. MA lalu segera mengirim petikan putusan ke jaksa dan Zainal lalu dieksekusi mati keesokan harinya di Pulau Nusakambangan, tanpa harus menunggu salinan putusan.

Yance dihukum 4 tahun penjara di tingkat kasasi pada akhir April lalu. Sebelumnya ia divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor Bandung. Di manakah Yance sekarang? Keberadaan Yance sendiri hingga kini masih misterius. Wakil Ketua DPRD Jawa Barat itu tidak masuk kerja dan tidak tampak di kantornya pada Senin (9/5) kemarin.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024