Divonis MA 4 Tahun, Suami Bupati Indramayu Ajukan PK
Divonis MA 4 Tahun, Suami Bupati Indramayu Ajukan PK

Divonis MA 4 Tahun, Suami Bupati Indramayu Ajukan PK

Divonis MA 4 Tahun, Suami Bupati Indramayu Ajukan PK

Tempo.co – Kuasa hukum mantan Bupati Indramayu Irianto M.S. Syafiuddin alias Yance akan ajukan peninjauan kembali (PK). Mereka membantah kliennya sudah dieksekusi.

Hal tersebut diungkapkan seorang tim kuasa hukun Yance, Khalimi, Jumat, 6 Mei 2016. “Kalau salinan putusan MA sudah kami terima, kami akan langsung ajukan PK. Itu sudah pasti kami lakukan,” kata Khalimi.

Khalimi melanjutkan, hingga kini pihaknya belum menerima salinan putusan dari MA tersebut. “Kami pun masih menunggu salinan putusannya,” kata Khalimi.

Sementara itu saat ditanyakan beredarnya kabar bahwa Yance sudah dieksekusi seusai salat Jumat tadi, Khalimi membantahnya. “Bohong, tidak benar,” tegas Khalimi.

Menurut Khalimi, selama salinan putusan MA itu belum diterima, kliennya pun tidak bisa dieksekusi. Ini dikarenakan syarat pelaksanaan eksekusi tersebut jika salinan putusan sudah mereka terima.

Yance terjerat kasus korupsi dalam pembebasan lahan untuk proyek PLTU Sumuradem, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, pada 2004. Namun, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung memberinya vonis bebas pada 1 Juni 2015.

Jaksa penuntut umum (JPU) pidana khusus Kejagung kemudian mengajukan kasasi ke ‎MA dan dikabulkan. MA pun menjatuhkan hukuman empat tahun penjara. Yance merupakan suami dari Bupati Indramayu saat ini, Anna Sophanah dan sebelumnya menjabat sebagai bupati Indramayu selama dua periode berturut-turut.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024