MK Berbagi Informasi dengan MK Austria
MK Berbagi Informasi dengan MK Austria

MK Berbagi Informasi dengan MK Austria

MK Berbagi Informasi dengan MK Austria

Hukumonline.com – Presiden Mahkamah Konstitusi (MK) Austria, Prof Gerhart Holzhinger secara resmi berkunjung ke MK Indonesia. Dalam kunjungannya, Prof Holzhinger melakukan pertemuan terbatas dengan Ketua MK Indonesia Arief dan para hakim konstitusi membahas beberapa program kerja sama dalam upaya mempererat hubungan kerja sama bilateral kedua lembaga.

Ketua MK Arief Hidayat mengatakan kerja sama ini dalam rangka memperluas wawasan dan saling bertukar pikiran dalam upaya meningkatkan kualitas putusan dan menjaga konstitusi dan HAM di negara masing-masing. “Kita berharap hubungan ini dapat lebih meningkatkan kerja sama erat dan saling pengertian kedua lembaga di masa-masa mendatang,” kata Arief Hidayat usai melakukan pembicaraan bilateral di gedung MK, Senin (2/5).

Arief menegaskan pertemuannya dengan Presiden MK Austria hanya sharing pengalaman praktik kewenangan masing-masing lembaga dalam upaya meningkatkan hubungan kerja sama kedua lembaga. “Saya pernah berkunjung kesana (MK Austria), hari ini Presiden MK Austria yang berkunjung MK Indonesia untuk saling bertukar informasi,” kata Arief.

Salah satu program yang digagas kedua lembaga yakni penguatan SDM MK Indonesia  Sebab, MK Austria merupakan MK yang usianya paling tua yang didirikan pada abad 18. Misalnya, MK Indonesia akan mengirim staf kepaniteraan, pegawai termasuk hakim konstitusi untuk mempelajari praktik peradilan konstitusi secara baik.

“Tentu kita juga banyak belajar, karena MK Austria sejarahnya cukup panjang daripada kita (MK Indonesia). Mereka pun belajar dengan MK Indonesia meski usianya baru 13 tahun, mereka mengapresiasi putusan landmark decisions yang dihasilkan MK Indonesia,” kata dia.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024