'Desak KPK Tangkap Ahok' Jadi Trending Topic Twitter
'Desak KPK Tangkap Ahok' Jadi Trending Topic Twitter

‘Desak KPK Tangkap Ahok’ Jadi Trending Topic Twitter

'Desak KPK Tangkap Ahok' Jadi Trending Topic Twitter

Republika.co.id – Netizen di jagad Twitter malam ini heboh bercuit tentang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Mereka meramaikan #DesakKPKTangkapAhok sehingga menjaditrending topic di Twitter.

Hashtag tersebut bermula dari pemberitaan sebuah portal berita yang memberitakan aksi demonstrasi di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta dengan judul ‘Desak KPK Tangkap dan Penjarakan Ahok’. Aksi unjuk rasa tersebut memang meminta kepada KPK untuk mengusut kasus pembebasan lahan Rumah Sakit Sumber Waras yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kasus ini mulai mendapat sorotan publik saat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan hasil audit investigasi pembelian lahan RS Sumber Waras kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). BPK menemukan enam penyimpangan dalam proses pembelian lahan oleh Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta itu.

Kasus tersebut dilatar belakangi dari pembelian lahan milik Yayasan Kesehatan Sumber Waras (YKSW) seluas 3,7 hektare oleh Pemprov DKI Jakarta seharga Rp 800 miliar. Pembelian dilakukan dengan menggunakan dana APBD Perubahan 2014.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) 2014 yang dikeluarkan BPK menunjukkan indikasi kerugian daerah Rp 191 miliar dalam pembelian itu. BPK juga merekomendasikan pemprov menagih tunggakan pajak bumi dan bangunan YKSW tahun 1994-2014  sebesar Rp 3 miliar.

Dugaan penyimpangan terjadi mulai dari perencanaan, penganggaran, pembentukan tim, dan pengadaan pembelian lahan RS Sumber Waras. Penyimpangan juga muncul dalam penentuan harga serta penyerahan hasil pembelian.

Akun twitter @cubby_ghum yang turut meramaikan hashtag tersebut mengungkapkan “Dah banyak bukti korupsi yang merugikan uang negara. Yang lebih penting dengan #DesakKPKTangkapAhok kita selamatkan ekosistem di Teluk Jakarta.”

Akun Twitter lain @Bg_MarOne mempunyai suara senada. “Harusnya dengan bukti-bukti ini Ahok sudah ditangkap kecuali @KPK_RI sudah masuk angin #DesakKPKTangkapAhok.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024