Tak Khawatir Moratorium Reklamasi Digugat, Ahok: Rizal Ramli Lebih 'Gila'!
Tak Khawatir Moratorium Reklamasi Digugat, Ahok: Rizal Ramli Lebih 'Gila'!

Tak Khawatir Moratorium Reklamasi Digugat, Ahok: Rizal Ramli Lebih ‘Gila’!

Tak Khawatir Moratorium Reklamasi Digugat, Ahok: Rizal Ramli Lebih 'Gila'!

Detik.com – Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dan Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) tak resah akan kena gugat perusahaan reklamasi Teluk Jakarta. Sebagaimana diketahui, mereka baru saja menyepakati penghentian sementara (moratorium) reklamasi itu.

“Tak usah khawatir. Undang-undangnya jelas. Siapa yang berani gugat Rizal Ramli?” kata Rizal sambil setengah berkelakar dalam jumpa pers di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (18/4/2016).

Rizal, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Ahok telah sepakat dengan adanya moratorium reklamasi. Ahok percaya langkah yang dipimpim Rizal Ramli itu bakal bebas gugatan. Karena sosok Rizal dinilai Ahok sebagai sosok ‘gila’ yang bisa membuat calon penggugat berpikir ulang.

“Lebih gila dari Ahok,” kata Ahok sambil tertawa kecil.

Ahok percaya bahwa pihak perusahaan pengembang reklamasi bisa memahami kondisi. Tentu polemik soal reklamasi ini harus dituntaskan lebih dulu lewat moratorium ketimbang melanjutkan reklamasi tapi dasar regulasinya belum jelas betul.

“Kalau mereka (para menteri terkait) sudah bantu, kan bisa keluarin PP, Perpres, akhirnya bisa dapat IMB (Izin Mendirikan Bangunan di atas pulau reklamasi) sehingga ekonomi enggak macet,” ujar Ahok.

Ahok menjelaskan, izin proyek pulau reklamasi berada dalam kewenangannya. Namun ada sejumlah pulau yang izinnya di luar kewenangan Ahok, dia menyebut Pulau N, O, P,dan Q. Pulau-pulau itu direncanakan jadi pelabuhan besar bernama ‘Port of Jakarta’.

“(Kewenangan) Pulau pelabuhan yakni N, O, P, Q, di Menhub (Menteri Perhubungan),” kata Ahok.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024