Ditjen Pajak Siap Klarifikasi Daftar WNI di Dokumen Panama Papers
Terseret Panama Papers, Ketua BPK Beri Klarifikasi

Ditjen Pajak Siap Klarifikasi Daftar WNI di Dokumen Panama Papers

Ditjen Pajak Siap Klarifikasi Daftar WNI di Dokumen Panama Papers

Republika.co.id – Direktur Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi mengatakan pihaknya siap menelusuri nama-nama para Warga Negara Indonesia (WNI) yang tercantum dalam Dokumen Panama (Panama Papers) untuk mencari klarifikasi atas kewajiban perpajakannya.

“Itu nanti pasti, klarifikasi ini belum tentu karena mereka bersalah. Kita ada aturannya sendiri, kalau memang harus membayar, ya dibayar. Kalau tidak, ya tidak,” katanya di Jakarta, Jumat (15/4).

Ken mengatakan upaya penelusuran itu sudah dimulai dengan melakukan klarifikasi pajak kepada Harry Azhar Azis, saat ini menjadi Ketua BPK, yang mengakui pernah memiliki perusahaan teregistrasi (paper company) di Hong Kong.

Salah satu tujuan klarifikasi ini untuk mencocokkan data Dokumen Panama dengan data yang dimiliki Ditjen Pajak terkait kepemilikan rekening maupun aset WNI di luar negeri yang selama ini belum dilaporkan kepada otoritas pajak.

“Kita klarifikasi apakah pak Harry ini termasuk yang 21 persen atau tidak. Ini masih kita cek dari SPTnya. Kalau tekniknya bagaimana, tentu kita rahasiakan,” kata Ken merujuk pada 79 persen kecocokan data Dokumen Panama dengan data milik Ditjen Pajak.

Ken belum mau mengungkapkan target selanjutnya, dari nama-nama para WNI yang tercantum dalam Dokumen Panama maupun data milik Ditjen Pajak, untuk dilakukan klarifikasi, karena itu bagian kewenangan internal otoritas pajak.

“Tugas Ditjen Pajak untuk mengklarifikasi, apakah sudah masuk SPTnya dan sudah bayar pajaknya. Kalau sudah masuk, tinggal hitung-hitungannya nanti. Kalau ada yang kurang mesti dibayar, kalau lebih dikembalikan,” tegasnya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024