Kasus Gatot Pujo: Saya Diminta Duit Oleh Kakak Surya Paloh
Kasus Gatot Pujo- Saya Diminta Duit Oleh Kakak Surya Paloh

Kasus Gatot Pujo: Saya Diminta Duit Oleh Kakak Surya Paloh

Kasus Gatot Pujo- Saya Diminta Duit Oleh Kakak Surya Paloh

Tempo.co – Gubernur Sumatera Utara non aktif Gatot Pujo Nugroho mengaku ada permintaan uang dari seseorang bernama Kardi untuk Rusli Paloh, kakak Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Menurut dia, Kardi mengaku sebagai Paman Surya Paloh.

“Kardi menemui saya, katanya Rusli minta uang Rp 250 juta,” kata Gatot saat bersaksi sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Rabu, 10 Februari 2016. Gatot mengaku tak pernah memberikan uang tersebut.

Gatot mengatakan, permintaan tersebut kemungkinan berkaitan dengan upaya islah yang ia lakukan dengan Wakil Gubernur sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi. Erry merupakan anggota Partai NasDem. Gatot meminta beberapa bantuan untuk islah, salah satunya kepada Rusli Paloh.

Gatot mengaku bertemu dengan Rusli melalui Kardi sebagai perantara. “Kardi ini katanya paman Surya Paloh yang mengurus Surya dari kecil,” kata Gatot. Setelah berbincang dengan Rusli, Kardi mendatangi Gatot. Ia menyampaikan Rusli meminta uang.

Islah dilakukan untuk memperbaiki hubungan Gatot dengan Teuku Erry. Selama menjadi Gubernur, Gatot dan Teuku Erry tidak harmonis. Pembagian tugas antara mereka tak jelas. Erry pun diduga melaporkan Gatot ke Polisi dan Jaksa terkait kasus korupsi. Namun Erry membantah tuduhan tersebut.

Gatot merupakan terdakwa suap tiga hakim PTUN Medan dan seorang panitera. Ia juga didakwa menyuap Patrice Rio Capella sebagai anggota DPR. Gatot didakwa melakukan tindak pidana korupsi bersama dengan istrinya, Evy Susanti.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024