Kasus Reklamasi Teluk Jakarta, KPK Bidik Swasta
Kasus Reklamasi Teluk Jakarta, KPK Bidik Swasta

Kasus Reklamasi Teluk Jakarta, KPK Bidik Swasta

Kasus Reklamasi Teluk Jakarta, KPK Bidik Swasta

Tempo.co – Komisi Pemberantasan Korupsi menegaskan memang membidik¬† perusahaan swasta yang terlibat dalam pembangunan proyek reklamasi teluk Jakarta. “Semua yang berkaitan akan diusut, termasuk pihak swasta,” kata Pelaksana Harian Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi Yuyuk Andriati Iskak di kantornya, Senin, 4 April 2016.

Saat ini ada dua nama yang masuk dalam daftar cekal Komisi Antikorupsi. Mereka adalah Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja dan pemilik PT Agung Sedayu Sugianto Kusuma alias Aguan. “Ariesman sudah menyerahkan diri, jadi tinggal satu, belum ada yang lain,” ucap Yuyuk.

Yuyuk mengatakan, pencekalan Aguan disebabkan karena perusahaannya terlibat dalam proyek reklamasi. Mengenai dugaan suap yang dilakukan Aguan, Yuyuk mengatakan penyidik lembaga antirasuah sedang mendalami hal tersebut.

“Kami masih fokus pada tersangka yang terjerat OTT, nanti kami akan mulai melihat yang lain,” ujar Yuyuk. Dalam pekan ini, kata dia, penyidik akan mulai memeriksa tersangka dan saksi-saksi.

Komisi Antirasuah mengungkap kasus penyuapan untuk memuluskan izin reklamasi yang sedang dibahas dalam Raperda DKI Jakarta. Dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK Kamis, 31 Maret 2016, penyidik menangkap Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohammad Sanusi.

Hasil operasi itu, KPK menetapkan tiga tersangka. Mereka adalah Sanusi, karyawan PT Agung Podomoro Land Trinanda Prihantoro, dan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024