Pengungkapan Pelanggaran HAM Bangkitkan Kepercayaan Rakyat Papua
Pengungkapan Pelanggaran HAM Bangkitkan Kepercayaan Rakyat Papua

Pengungkapan Pelanggaran HAM Bangkitkan Kepercayaan Rakyat Papua

Pengungkapan Pelanggaran HAM Bangkitkan Kepercayaan Rakyat Papua

Republika.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Yunus Wonda mengatakan, pengungkapan kasus pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah akan membangkitkan kepercayaan rakyat, khususnya rakyat Papua.

“Kami menyambut positif rencana tersebut sehingga para pelaku dapat dijatuhi hukuman setimpal,” kata Yunus Wonda, politisi dari Partai Demokrat Papua di Jayapura.

Ia mengatakan, selama ini berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi tidak terungkap sehingga menurunkan tingkat kepercayaan kepada pemerintah. Apalagi para pelaku pelanggaran HAM yang pada umumnya aparat keamanan melakukan aksinya bukan atas perintah komandan.

“Akibat aksi yang dilakukan, menyebabkan korban di kalangan warga sipil, seperti halnya yang terjadi di Enarotali, Kabupaten Paniai, Desember 2014 lalu,” kata Ketua DPRP Papua Yunus Wonda.

Wonda mengatakan, masyarakat Papua saat ini menunggu penyelesaian kasus pelanggaran HAM termasuk sanksi yang akan diberikan. Panglima dan Kapolda, kata dia, harus siap memberikan sanksi kepada anggota yang dinyatakan terlibat dalam kasus pelanggaran HAM.

Sebelumnya, Menkopolhukam dalam kunjungannya ke Jayapura akhir Maret lalu menyatakan, tercatat 16 kasus pelanggaran HAM di Papua. Namun dari jumlah tersebut tercatat delapan yang tidak masuk dalam kasus pelanggaran HAM. “Namun untuk memastikannya saat ini masih diteliti lebih lanjut,” kata Menkopolhukam Luhut Pandjaitan.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024