Menkopolhukam Minta Kepala Daerah Tes Urine
Perusahaan Bayar Uang Tebusan kepada Abu Sayyaf

Menkopolhukam Minta Kepala Daerah Tes Urine

Menkopolhukam Minta Kepala Daerah Tes Urine

Republika.co.id – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh kepala daerah serius mendukung upaya pemberantasan Narkoba. Sebagai bentuk dukungan, Luhut meminta para kepala daerah untuk melakukan tes urine.

“Semua bisa terkena bahaya Narkoba, karenanya lakukan tes urine. Kenapa harus takut kalau kau tak melakukannya,” katanya di Jayapura, Selasa (29/3) malam.

Luhut menegaskan Narkoba sudah menjadi ancaman sangat serius bagi masa depan bangsa karena jumlah penggunanya diperkirakan sudah mencapai tujuh juta orang dan total nilai perdagangannya mencapai Rp66 triliun.

“Jumlah pengguna Narkoba di Indonesia tercatat 5,9 juta orang tapi saya percaya angkanya jauh di atas itu, yakni tujuh juta orang. Dan 75 persen peredarannya dikendalikan dari penjara,” jelasnya.

Namun, Luhut menengarai bahwa para bos mafia narkoba itu sendiri justru bukanlah para pengguna barang haram yang telah membunuh 30 – 50 orang di Indonesia setiap harinya.

Untuk itu, dia meminta para kepala daerah di Provinsi Papua memastikan diri mereka terbebas dari narkoba karena para korban dari berbagai jenis barang haram ini bisa siapa saja dan dari penganut agama mana pun.

“Kasus-kasus penggunaan narkoba juga sangat dekat dengan penyebaran HIV/AIDS. Di Provinsi Papua, angka prevalensi HIV tercatat 2,4 persen sedangkan di Provinsi Papua Barat tercatat 3,2 persen,” ujarnya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024