Rutan Malabero Rusuh, Ketua MPR Minta Aparat Tindak Tegas
Rutan Malabero Rusuh, Ketua MPR Minta Aparat Tindak Tegas

Rutan Malabero Rusuh, Ketua MPR Minta Aparat Tindak Tegas

Rutan Malabero Rusuh, Ketua MPR Minta Aparat Tindak Tegas

Tempo.co – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan meminta aparat penegak hukum menindak tegas pelaku kerusuhan yang terjadi di RUmah Tahanan Malabero, Bengkulu.

“Yang paling utama adalah aparat penegak hukum harus tegas,” katanya di Hotel Kartila Chandra, Jakarta, Ahad, 27 Maret 2016.

Pada Jumat, 25 Maret 2016 lalu, kerusuhan dan kebakaran terjadi di Rutan Malabero. Kejadian itu dilakukan narapidana yang ada di sel narkoba saat menghalangi Badan Nasional Narkotika yang akan memeriksa tahanan.

Kepolisian menduga pembakaran itu dilakukan untuk menutupi jejak lantaran tempat tersebut digunakan untuk mengendalikan bisnis narkoba.

Menurut Zulkifli, alasan utama dari kerusuhan dan kebakaran lapas tersebut adalah peredaran narkoba dari dalam lapas. Sehingga napi yang terlibat tidak ingin diperiksa oleh BNNP. “Terus terang kuncinya karena ini predaran uang besar dari transaksi narkoba dari dalam lapas,” ujar dia.

Bahkan, Zulkifli menegaskan agar dalam memberantas peredaran narkoba di lapas agar penjaga lapas dibekingi oleh polisi dan TNI. “Baik lapas atau siapapun eksekutif , legisliatif, TNI, Polri harus tegas,” ucapnya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024