Komisi IX DPR Minta BPK Audit BPJS
Komisi IX DPR Minta BPK Audit BPJS

Komisi IX DPR Minta BPK Audit BPJS

Komisi IX DPR Minta BPK Audit BPJS

Republika.co.id – Komisi IX masih menunggu sikap resmi pemerintah terkait kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Sebab, pemerintah mengisyaratkan akan mengkaji ulang Peraturan Presiden yang menyebut kenaikan iuran BPJS mulai 1 April nanti.

Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf mengatakan pihaknya belum menyetujui rencana kenaikan iuran BPJS tersebut, dan meminta ada audir terhadap BPJS. DPR akan meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengaudit BPJS Kesehatan.

“Pimpinan DPR yang akan meminta BPK untuk audit nanti,” ujar Dede Yusuf pada Republika.co.id, Ahad (27/3).

Namun, Komisi IX masih menunggu kebijakan Presiden Joko Widodo untuk meninjau ulang Perpres itu. Komisi IX memang tegas menolak kenaikan iuran BPJS yang dinilai sepihak oleh pemerintah.

Terlebih, kenaikan iuran itu belum didahului oleh perbaikan fasilitas dan pelayanan pada peserta BPJS. Komisi IX sudah mengirim surat ke Presiden Jokowi terkait persoalan ini.

Menurut Dede Yusuf, surat respon komisi IX atas Perpres kenaikan iuran BPJS ditinjau ulang sudah disampaikan pimpinan DPR ke Jokowi.

DPR hanya tinggal menunggu sikap resmi dari Presiden. Bahkan, kalau Jokowi tidak merespon rekomendasi Komisi IX, DPR siap menggunakan hak kedewanannya menyikapi kenaikan iuran BPJS.

Yang pasti, Komisi IX pasti akan meminta BPK melakukan audit pada BPJS sebelum memutuskan sikapnya terkait kenaikan iuran BPJS. “Audit BPK nanti surat tersendiri dari pimpinan DPR, sehingga rekomendasi hasil rapat,” tegas politikus Partai Demokrat itu.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024