Yusril Minta Pemerintah Harmoniskan Aturan Transportasi
Yusril Minta Pemerintah Harmoniskan Aturan Transportasi

Yusril Minta Pemerintah Harmoniskan Aturan Transportasi

Yusril Minta Pemerintah Harmoniskan Aturan TransportasiTempo.co – Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra menghimbau agar pemerintah mengharmonisasikan sistem angkutan umum konvensional dan transportasi online.

“Harus diharmonisasikan lebih dulu agar yang satu tidak rugikan yang lain. Jangan biarkan rakyat bentrok antar sesama karena memperebutkan lahan untuk mencari nafkah,” katanya dalam keterangan resminya, Selasa, 22 Maret 2016.

Yusril menuturkan agar pemerintah tidak terburu-buru memberikan izin operasi transportasi online. Meski dinilai tarifnya lebih murah namun pemerintah harus mempertimbangkan stabilitas sosial yang terjadi. “Pemerintah Daerah jangan cepat-cepat memberikan izin beroperasinya transportasi umum walau ongkosnya lebih murah,” katanya

Yusril menilai ongkos transportasi umum yang baru memang lebih murah karena disubsidi oleh provider telepon selular dan penjual mobil dan motor. Sementara pengendara ojek konvensional dan supir angkutan umum konvensional menjadi tidak mampu bersaing menurunkan ongkos angkutan. “Pengendara ojek dan angkutan konvensional tidak disubsidi siapapun. Mereka bahkan harus bayar berbagai pajak dan pungutan,” ujarnya.

Selain itu, Yusril juga menghimbau agar Kementerian Perhubungan sebagai regulator tidak lepas tangan atas kisruh yang terjadi antar transportasi ini. “Mereka (Kemenhub) belum membuat aturan tentang pengoperasian angkutan umum sistem baru ini,” katanya.

Yusril berujar pemerintah mestinya bertindak sebagai pengayom rakyat dan memberikan kesempatan pada semua tanpa merugikan suatu kelompok. “Jadikan keadilan dan kepastian hukum untuk melindungi kepentingan semua pihak. Semua adalah rakyat Indonesia,” ucapnya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024