KPK: Kontribusi Swasta Sangat Besar dalam Praktik Korupsi
KPK Tahan Tersangka Kasus Pupuk Urea

KPK: Kontribusi Swasta Sangat Besar dalam Praktik Korupsi

 

KPK: Kontribusi Swasta Sangat Besar dalam Praktik KorupsiRepublika.co.id – Praktik korupsi tak juga surut di Indonesia. Tak hanya berkembang di pemerintahan, praktik korupsi juga merebak hingga melibatkan pihak swasta.

Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif juga mengakui bahwa praktik korupsi banyak melibatkan pihak swasta.

“Memangnya dari mana uang korupsi, kan pasti dari swasta uang korupsi itu. Gak mungkinkan pejabat suap pejabat,” kata Laode di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (15/3).

Laode juga menilai kontribusi pihak swasta sangat besar dalam praktik korupsi. Untuk itu, lanjut Laode, KPK akan melakukan sejumlah langkah untuk menuntaskan korupsi di Indonesia dan meningkatkan skor Corruption Perception Index. “Kalau untuk itu kami akan buat pencegahan dulu dengan 10 provinsi yang kami bina dulu,” ujar Laode.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Staf Presiden Teten Masduki. Teten menyatakan bila  potensi korupsi yang biasa diawasi hanya seperlima. Potensi korupsi yang bisa diawasi tersebut, kata dia, hanya yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

“Yang diawasi hanya seperlima dari potensi korupsi yang jauh lebih besar,” kata Teten.

(Kongres advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presidium DPP KAI Kukuhkan 15 AdvoKAI & Resmikan LBH Advokai Lampung
July 20, 2024
Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024