IPW: Densus Sudah Seperti Algojo
IPW Densus Sudah Seperti Algojo

IPW: Densus Sudah Seperti Algojo

IPW Densus Sudah Seperti Algojo

Republika.co.id – Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Netta S. Pane menyatakan penembakan yang kerap dilakukan Detasemen Khusus (Densus) 88 terhadap terduga teroris malah terkesan seperti algojo.

Ia mengatakan, tindakan Densus 88  layaknya algojo pengeksekusi mati. Ia berharap Densus 88 tidak melakukan penembakan  sewenang-sewang. Selain itu ia mengaku kecewa lantaran aksi penembakan malah mendapat apresiasi masyarakat. Padahal menurutnya bisa saja terjadi salah tembak.

“Jadi memang selama ini Densus 88 cenderung jadi algojo, sehinga mereka semena-mena atas nama pemberantasan terorisme. Sayangnya banyak masyarakat yang permisif atas kejadian itu dan elit-elit pemerintah juga membiarkan, padahal itu berbahaya karena orangyang belum tentu bersalah bisa saja jadi korban,” katanya kepada Republika.co.id, Ahad (13/3).

Ia menyarankan sebaiknya Densus 88 kembali menerapkan tugas utama kepolisian yaitu pelumpuhan target. Sebab ia meyakini anggota Densus 88 mampu melakukan pelumpuhan. Namun aksi tembak-tembakan lebih sering terjadi dengan dalih mempertahankan diri.

“Aksi-aksi jadi algojo itu tembak mati tersangka, terduga tersangka itu menyalahi tugas pokok Polri untuk melumpuhkan tersangka dalam kondsi apapun karena dia sangat terlatih,” ujarnya.

Ia mengaku kecewa dengan aksi penembakan sewenang-wenang. Sebab jika para terduga teroris atau tersangka teroris mampu dilumpuhkan maka proses interogasi dapat berjalan. Apalagi aspek keadilan hukum lewat pengadilan juga harus dilakukan jika target Densus 88 dilumpuhkan.

“Seharusnya bisa lumpuhkan dengan cara apapun untuk kemudian diperiksa dan dibawa kepengaddilan. Pengadilan lah yang memutuskan bukan Densus 88 yang jadi algojo di TKP,” ucapnya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024