Depok Deportasi Ratusan Imigran Gelap
Depok Deportasi Ratusan Imigran Gelap

Depok Deportasi Ratusan Imigran Gelap

Depok Deportasi Ratusan Imigran Gelap

Tempo.co – Kepala Imigrasi Kota Depok Dudi Iskandar mengatakan pada 2015, pihaknya telah menjaring 233 warga negara asing yang tidak memiliki kelengkapan dokumen keimigrasian. Bahkan, 197 orang di antaranya merupakan imigran gelap. Sedangkan tahun ini dari Januari-Maret 2016 ada 25 orang asing yang sudah terjaring. “Mereka semuanya dideportasi. Dan yang ada kasus hukum diproses sesuai peraturan yang ada,” ujarnya.

Untuk imigran, pihaknya memasukkan mereka ke ruang detensi. Untuk warga negara Korea Selatan yang ada di perumahan elite Depok, memang mereka tidak melaporkan diri. Bahkan, ada salah satu rumah yang orang asingnya suka kumpul malam-malam membawa para wanita dan mabuk-mabukkan. “Atas laporan ini makanya kami turun,” ujarnya.

Di perumahan tersebut, kata dia, ada 34 warga negara Korea Selatan. Saat petugas tim Penanganan Orang Asing mendatangi perumahan elite tersebut, 10 keluarga sedang tidak ada di rumah. Dari 14 keluarga yang dicek, ada 10 keluarga yang izin tinggalnya tidak sesuai. “Mereka ke Depok alasannya bekerja. Kami masih memeriksanya,” ujarnya.

Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Zaenah mengatakan warga negara asing yang tercatat di Depok sekitar 1.881 orang. Sebagian besar mereka datang ke Depok, untuk bekerja dan sekolah. “Mereka yang datang ke Dinas sudah pasti lengkap berkas keimigrasiannya,” ujarnyam

Warga negara asing yang datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk meminta Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT), cukup memperlihatkan Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas). “Yang terdata yang berkasnya lengkap,” ucapnya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024