Bareskrim Panggil Haryadi Budi Kuncoro Pekan Depan
Bareskrim Panggil Haryadi Budi Kuncoro Pekan Depan

Bareskrim Panggil Haryadi Budi Kuncoro Pekan Depan

Bareskrim Panggil Haryadi Budi Kuncoro Pekan Depan

Cnnindonesia.com – Penyidik Badan Reserse Kriminal Polri resmi memanggil Manajer Senior PT Pelabuhan Indonesia II Haryadi Budi Kuncoro untuk pertama kalinya setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi mobile crane.

“Hari ini panggilan dikirimkan untuk hadir diperiksa pada Senin yang akan datang,” kata Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Komisaris Besar Agung Setya di Markas Besar Polri, Jakarta, Kamis (10/3).

Agung mengatakan pemeriksaan dijadwalkan pada 10.00 WIB. Pejabat yang juga adik bekas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto itu ditetapkan tersangka melalui gelar perkara yang dilaksanakan Selasa (7/3).

“Sudah ditemukan setidaknya dua alat bukti keterlibatan yang bersangkutan sehingga ditetapkan tersangka,” kata Agung. Sementara untuk perannya, dia, maupun pihak Kepolisian secara umum, masih mengunci mulut rapat-rapat.  “Saya rasa itu sudah masuk materi penyidikan,” kata Agung.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Agus Rianto mengatakan Polri berharap Haryadi bisa memenuhi panggilan tersebut.

Agus mengatakan sudah ada 92 saksi yang diperiksa terkait kasus ini. Selain itu, enam saksi ahli dari bidang keuangan, teknik dan pengadaan juga sudah turut dimintai keterangan terkait kasus yang merugikan negara Rp37,9 miliar. “Mudah-mudahan Senin bisa kita lakukan pemeriksaan,” kata Agus.

Dalam kasus ini penyidik sudah lebih dulu menetapkan bekas Direktur Teknik Ferialdy Noerlan sebagai tersangka. Sementara Haryadi adalah salah satu staf yang diduga membantunya melakukan korupsi dalam pengadaan 10 mobile crane.

Alat-alat itu diadakan tidak sesuai dengan rencana, yakni ditempatkan di delapan pelabuhan berbeda. Penyidik justru menemukan barang yang diduga dikorupsi itu mangkrak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan spesifikasi yang juga tak sesuai.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024