Waspada! 9 Aplikasi Ini Curi Datamu, Hapus Sekarang Juga - Kongres Advokat Indonesia

Waspada! 9 Aplikasi Ini Curi Datamu, Hapus Sekarang Juga

Direktorat Tindak Pindana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim agar jangan asal unduh (download) aplikasi yang malah merugikan diri sendiri. Tim siber Polri mengingatkan akan adanya aplikasi pecuri password media sosial.

Tim siber Polri mengungkapkan sebanyak 9 aplikasi Android yang telah diunduh 5,8 juta kali dituding telah mencuri data pribadi para pengguna Facebook, termasuk username dan password. 9 Aplikasi tersebut diantaranya:

  1. Processing Photo
  2. App Lock Keep
  3. Rubbish Cleaner
  4. Horoscope Daily
  5. Horoscope Pi
  6. App Lock Manager
  7. Locket Master
  8. Inwell Fitness
  9. PIP Photo

“Modus operadi dari aplikasi tersebut adalah dengan merayu pengguna untuk mendaftarkan menggunakan akun facebook, dan menjual credential-nya penipu,” tulis tim siber Polri, seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (10/12/2021).

“Aplikasi-aplikasi itu sendiri berfungsi normal dan bisa digunakan dengan baik sehingga apra pengguna atau korban tidak curiga dengan aplikasi tersebut.”

Tim siber Polri pun mengingatkan pengguna untuk tidak mengunduh apliasi developer atau sumber yang tidak terpercaya agar tidak menjadi korban pencurian data.

Googe sendiri langsung menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dan menangguhkan akun developer aplikasi agar tidak mengupload aplikasi lainnya di Google Play Store. CNBC

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024