Ambil Alih Kasus Asabri, Kejagung Mulai Pengusutan Dari Awal - Kongres Advokat Indonesia

Ambil Alih Kasus Asabri, Kejagung Mulai Pengusutan Dari Awal

TEMPO.CO Kejaksaan Agung memastikan proses pengusutan dugaan korupsi pada PT Asuransi Sosial Angkatan Darat Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri telah diserahkan sepenuhnya oleh Polri.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Ali Mukartono menyatakan kejaksaan akan memulai dari awal proses pengusutan kasus Asabri. Sebab, dalam ketentuan undang-undang mengenai kewenangan kerja, Kejaksaan Agung tidak dapat meneruskan proses yang telah dilakukan penyidik Polri.

“Nanti dipelajari, kemudian ambil kesimpulan mau mulai dari mana. Kalau lanjutkan itu tidak boleh karena lembaganya beda,” ujar Ali di kantornya, Jakarta Selatan, pada Kamis, 7 Januari 2021.

Penyidik pun akan mulai memeriksa kembali saksi-saksi yang telah diperiksa penyidik Polri. Kendati demikian, dia belum dapat memastikan kapan proses pemeriksaan mulai berjalan.

“Oh iya (diperiksa ulang saksinya), materinya sama kan tidak apa-apa. Tapi sekarang masih dipelajari,” kata Ali.

Dalam perkara, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menaksir kerugian PT Asabri mencapai Rp 16 triliun. Pelaku diduga orang yang sama dengan pembobol PT Asuransi Jiwasraya, yakni Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro. Penyidik menemukan ada irisan antara aset yang disita dalam kasus Jiwasraya dan aset yang tersangkut di PT Asabri.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024