6 Fakta Kasus Edo Putra, YouTuber Prank Daging Kurban Isi Sampah

6 Fakta Kasus Edo Putra, YouTuber Prank Daging Kurban Isi Sampah

Edo Putra membuat kesal publik setelah mengunggah konten prank daging kurban isi sampah ke YouTube. YouTuber asal Palembang tersebut tampak mengikuti jejak Ferdian Paleka yang beberapa bulan lalu viral di dunia maya akibat melakukan konten prank sembako sampah untuk waria.

Perilakunya ini membawa Edo harus berurusan dengan ranah hukum dan kini ia ditahan di Polrestabes Palembang, Sumatera Selatan. Namun, prank yang dilakukan oleh Edo bukan hanya sekali saja meresahkan warga. Yuk ketahui fakta-faktanya!

Edo Putra menggegerkan media sosial setelah mengunggah video berjudul PRANK BAGI BAGI DAGING KE EMAK-EMAK ISINYA SAMPAH #THEREALPRANK pada Jumat, 31 Juli 2020. Video berdurasi 11 menit 56 detik itu kini telah ditonton oleh lebih dari 777 ribu dan mengundang komentar hingga 31 ribu. Edo bermaksud untuk membagikan daging kurban ke masyarakat namun isi dalam plastiknya tersebut ia ganti menjadi sampah.

“Kami sudah menyiapkan kantong (plastik) nih, dan kita akan bagi-bagikan daging sampah guys ke rumah-rumah,” kata Edo dilansir IntipSeleb dari tayangan YouTube pada Senin, 3 Agustus 2020.

Selanjutnya, Edo dan satu temannya itu memungut sampah di jalanan yang mereka katakan memiliki tekstur seperti tulang. Dalam video tersebut terlihat bahwa Edo mencari target dengan mengendarai sepeda motornya. Hadir ke beberapa rumah warga, dia akhirnya mengucapkan salam dan memberi bingkisan tersebut pada pemilik rumah. Edo tertawa ketika ia meninggalkan tempat dan dia melihatkan kekesalan masyarakat saat menerima prank tersebut.

Rupanya, konten YouTube yang diunggah oleh Edo itu bertujuan untuk niat yang baik. Edo mengatakan bahwa ia memberikan hadiah uang tunai senilai Rp500 ribu kepada para korbannya. Tak hanya itu, Edo pun meminta maaf kepada para korban karena telah membuat candaan yang kurang menyenangkan.

“Guys, kami tadi bagi-bagi dagang sampah guys. Tapi sesudahnya kami kasih duit. Jadi jangan menghujat guys, kami adalah orang-orang yang baik,” tutur Edo di akhir tayangan.

Meskipun telah meminta maaf, perbuatan Edo Putra ini dilaporkan ke Unit Pidana Khusus Satreskrim Polrestabes Palembang. Edo pun telah ditahan selama beberapa hari karena videonya yang viral.

“Edo dan seorang rekannya sudah diamankan di Mapolrestabes Palembang untuk dilakukan pemeriksaan. Perihal tindak lanjut statusnya Senin besok saya jelaskan,” kata Kepala Polrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji dikutip dari Viva.

Paman Edo yaitu Makmun berharap bahwa pihak kepolisian segera membebaskan keponakannya tersebut. Ia mengatakan bahwa dengan terciduknya Edo ini bisa memberikan efek jera agar tidak lagi membuat konten yang merugikan.

“Kami mohon dibebaskan biar ini jadi pelajaran buat dia,” Kata Makmun.

Polrestabes Palembang baru saja menggelar konferensi pers perkara UU ITE yang dilakukan oleh Edo dan rekannya, Diky Firdaus. Polisi mengungkap bahwa motif mereka melakukan prank ialah untuk menjadi tenar dan mengumpulkan subscriber sebanyak mungkin. Kombes Pol Anom mengatakan bahwa mereka tetap ditahan.

“Video hoaks daging berisi sampah ini membuat masyarakat resah sehingga pelaku kita tahan,” ujar Kombes Pol Anom dikutip dari tayangan Instagram @polisi_palembang.

Keduanya terancam 10 tahun penjara karena melanggar UU ITE. Pihak kepolisian pun menyita barang bukti berupa handphone, akun email dan media sosial yang mereka gunakan dan baju yang pakai saat melakukan prank.

“Tersangka terjerat pasal 14 ayat (1) dan (2) Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau pasal 27 ayat (1) Jo pasal 45 ayat (1) UURI No 19 Tahun 2016 atas perubahan UURI No 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara,” tulis akun Instagram tersebut.

Dilihat dari laman YouTube miliknya, pemilik 11 ribu subscriber itu ternyata mengambil fokus konten pada prank, challenge, sosial eksperimen dan vlog. Pada Sabtu, 1 Agustus 2020 kemarin ia juga mengunggah video terbaru yakni prank membakar baju orang yang tak dikenal. Tak hanya itu, di bulan Juni Edo pernah membuat prank bagi-bagi THR yang berisi sampah.

Edo Putra juga pernah menjajal dunia musik dengan membuat video cover lagu Aisyah Istri Rasulullah bersama kerabatnya, Anggi. Kala itu ia menunjukkan kepiawaiannya dalam bermain gitar dan hingga saat ini telah ditonton oleh 601 pengguna YouTube. Sumber

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dr. Umar Husin: Keterwakilan Jadi Keunggulan Sistem Presidium Jika Diterapkan di Organisasi Advokat
May 26, 2024
Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024