Komisaris-Manajer Keuangan Abu Tours Divonis 14 dan 16 Tahun Bui
Komisaris-Manajer Keuangan Abu Tours Divonis 14 dan 16 Tahun Bui

Komisaris-Manajer Keuangan Abu Tours Divonis 14 dan 16 Tahun Bui

Medanbisnisdaily.com – Makassar – Komisaris Abu Tours dan seorang mantan Manajer Keuangan juga divonis hukuman penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Makassa. Komisaris Abu Tours, Chaeruddin divonis 14 tahun penjara dan Manajer Keuangan, M Kasim divonis 16 tahun penjara.

Putusan ini dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim, Denny Lumban Tobing di PN Makassar, Jalan RA Kartini, Makassar, Kamis (21/2/2019).

Denny mengatakan ketiganya, termasuk dengan Nursyariah Mansur yang telah divonis 19 tahun penjara melanggar melanggar pasal 372 juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 juncto pasal 64 ayat 1 ke 1 KUHP tentang penggelapan dan pasal 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 juncto pasal 64 ayat 1 ke 1 KUHP.

“Menjatuhkan terdakwa Chaeruddin dengan pidana selama 14 tahun penjara dengan membayar pidana denda sebesar Rp 300 juta dengan ketentuan subsider selama 1 tahun 2 bulan,” kata Denny.

Setelah membacakan putusan Chaeruddin, Denny melanjutkan membacakan putusan terhadap M Kasim Sanusi. Dalam amar putusan ini, majelis hakim menilai ketiganya terlibat dalam pembelian aset perusahaan yang menggunakan uang dari jemaah Abu Tours.

“Menjatuhkan terdakwa M Kasim dengan pidana selama 16 tahun penjara dengan membayar pidana denda sebesar Rp 300 juta dengan ketentuan subsider selama 1 tahun 2 bulan,” sambung Denny.

Usai putusan dibacakan, kuasa hukum ketiganya, Eflin Rotua Sinaga mengatakan masih akan pikir-pikir untuk mengajukan banding.

“Kami akan pikir-pikir untuk melakukan upaya hukum banding,” kata Eflin di persidangan.

Baca Juga : Pengadilan Tinggi DKI Gelar Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah Advokat

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024