Yasonna Puji Ditjen Imigrasi Soal Pengawasan WNA dengan QR Code
Yasonna Puji Ditjen Imigrasi Soal Pengawasan WNA dengan QR Code

Yasonna Puji Ditjen Imigrasi Soal Pengawasan WNA dengan QR Code

Medanbisnisdaily.com-Jakarta. Menkumham Yasonna Laoly menjadi inspektur upacara dalam upacara Hari Bakti Imigrasi ke-69. Dalam pidatonya, Yasonna memuji Direktorat Imigrasi terkait pengawasan WNA dengan penerbangan QR Code di paspornya.

“Dalam fusngsi kemanan negara implementasi sistem CR Code. Itu adalah upaya peningkatan sara dan prasarana dalam proses pengawasan di lapangan,” kata Yasonna di lokasi upacara, kantor Kemenkum HAM, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019).

Selain soal CR Code, Yasonna pun menyebut beberapa kebijakan Imigrasi lain yang dianggapnya efektif. Seperti penyederhanaan perizin bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) dan memfasilitasi dengan baik beberapa acara internasional sepeti Asian Games 2018.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Teodorus Simarmata menjelaskan QR Code dipasang dalam surat izin masuk dan izin tinggal.

“Pemanfaatan QR Code ini untuk meningkatkan pengawasan orang asing. Dimulai dari saat kedatangan orang asing di tempat pemeriksaan imigrasi di bandara dan pelabuhan internasional,” ucap Teodorus dalam keterangannya.

Dengan adanya QR Code, pengawasan terhadap WNA menjadi lebih efektif. Data soal WNA pun langsung terhimpun di pusat data keimigrasian.

“Sehingga keberadaan dan mobilitas orang asing di wilayah Indonesia dapat terpantau oleh sistem,” kata Teodorus.

Selain itu, Direktorat Imigrasi pun sedang mengembangkan aplikasi dalam ponsel pintar bernama Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) versi 2.0. Aplikasi ini memudahkan masyarakat yang ingin mengurus paspor.

“(Dalam APAPO) pemohon akan diminta mengisi data diri. Selanjutnya akan muncul pilihan Kantor Imigrasi dalam satu provinsi sesuai dengan lokasi pendaftaran,” kata Teodorus.

Baca Juga : Ditjen PAS Klaim Remisi Pembunuh Wartawan Sesuai Prosedur

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024