Wali Kota Pasuruan Tiba di Gedung KPK, Turut Serta 2 Kepala Dinas
Wali Kota Pasuruan Tiba di Gedung KPK, Turut Serta 2 Kepala Dinas

Wali Kota Pasuruan Tiba di Gedung KPK, Turut Serta 2 Kepala Dinas

JawaPos.com – Wali Kota Pasuruan Setiyono tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (5/10) sekitar pukul 00.40 WIB dini hari. Dia dibawa setelah lembaga antirasuah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Selain Setiyono, tim satgas juga memboyong dua Kepala Dinas dan satu orang pihak swasta. Ketiganya diduga terlibat dalam kasus suap salah satu proyek APBD 2018 di Kota Pasuruan.

Keempat orang tersebut dibawa ke kantor lembaga antirasuah setelah menjalani proses pemeriksaan di Polres Pasuruan. Hingga saat ini, Setiyono dan tiga orang lainnya masih berstatus sebagai saksi.

“Jadi, nanti akan diperiksa secara intensif sebelum penentuan status hukum lebih lanjut,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kamis (4/10).

Sebelumnya, KPK melakukan operasi senyap di Kota Pasuruan pada Kamis (4/10) pagi. Operasi kedap tersebut merupakan tindak lanjut dari informasi yang diterima oleh penyidik KPK, terkait adanya informasi bahwa akan ada transaksi yang melibatkan penyelenggara negara dan pihak swasta.

KPK kemudian melakukan penyegelan dan memeriksa enam orang secara intensif di Polres Pasuruan. Namun hanya empat orang yang dibawa ke Jakarta.

Terkait dugaan awal, KPK menemukan sejumlah uang dengan nilai Rp 120 juta. Uang tersebut diduga merupakan komitmen fee dari proyek untuk pejabat di wilayah tersebut.

“Tim telah menghitung uang yang ditemukan dalam rangkaian kegiatan tangkap tangan di Pasuruan. Setidaknya uang tersebut berjumlah Rp120 juta,” jelas Febri.

KPK berencana akan memberikan informasi secara detail mengani OTT di Pasuruan pada Jumat (5/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam jumpa pers, KPK akan menjelaskan siapa yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap terkait proyek Pasuruan tahun anggaran 2018.

Baca Juga : Ratna Sarumpaet akan Dijerat Pasal Berlapis

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024