KPK Siapkan Tiga Cara Cegah Korupsi di Daerah
KPK Siapkan Tiga Cara Cegah Korupsi di Daerah

KPK Siapkan Tiga Cara Cegah Korupsi di Daerah

KPK Siapkan Tiga Cara Cegah Korupsi di Daerah

Beritasatu.com – Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, mengakui, pihaknya mempunyai cara tersendiri untuk mencegah praktek korupsi di daerah. Pahala menyebutkan, ada tiga cara yang disiapkan KPK untuk mencegah korupsi.

“Pertama, lewat Kemendagri, tentunya kita mendorong kepala daerah terpilih untuk mengimplimentasikan model-model e-budgeting,” kata Pahala usai acara rilis Indeks Perilaku Anti Korupsi Indonesia 2015 di Gedung BPS, Jl Sutomo, Jakarta Pusat, Senin (22/2).

Kedua, kata dia, KPK mendorong kepala daerah mengimplimentasikan e-procurement dan unit pengadaan layanan terpadu. Ketiga, lanjutnya mendorong pemda untuk mengimplimentasikan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

“KPK juga saat ini mendorong para kepala daerah untuk menggalakkan anti gratifikasi. Menerima itu pada banyak hal dianggap wajar, padahal enggak,” tandas dia.

Ketiga cara ini, menurut Pahala, akan menjadi program 269 kepala daerah terpilih. Apalagi, dia menyebutkan korupsi di daerah sebagai petty corruption atau korupsi berskala kecil.

“Niat kita bukan untuk menangkap pelaku-pelaku ini, tapi lebih ke arah pencegahan,” ungkap dia.

Pahala berharap, pada Pilkada 2017, tiga cara tersebut sudah berjalan. Sehingga kepala daerah yang baru nanti sudah bisa mengimplementasikannya.

(Kongres Advokat Indonesia)

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presidium DPP KAI Kukuhkan 15 AdvoKAI & Resmikan LBH Advokai Lampung
July 20, 2024
Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024