Bamsoet soal Penundaan Tersangka: Pisahkan Proses Hukum dan Politik
Bamsoet soal Penundaan Tersangka: Pisahkan Proses Hukum dan Politik

Bamsoet soal Penundaan Tersangka: Pisahkan Proses Hukum dan Politik

Kumparan.com – Sejumlah pihak masih mempersoalkan usulan Menkopolhukam Wiranto yang meminta KPK menunda penetapan status tersangka bagi calon kepala daerah. Wiranto dikritik karena dianggap mengintervensi KPK.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo ( Bamsoet )mengimbau semua pihak tidak mencampuradukkan proses politik dan hukum.

“Penegakan hukum harus terus berjalan dan proses politik juga harus terus berjalan,” di Kopi Johny, Kelapa Gading, Minggu (18/3).

Ia pun meminta lembaga terkait dan masyarakat memisahkan kedua proses itu. Sehingga tidak ada pihak yang saling menjatuhkan.

“Bahwa proses politik dan hukum harus dipisahkan. Penegakan hukum harus terus berjalan dan proses politik juga harus terus berjalan,” ujarnya.

“Tidak ada yang boleh saling membunuh atau saling membungkam daripada dua hal yang terkait,” lanjutnya.

Sebelumnya, KPK sendiri sudah merespons usulan dari Wiranto tersebut. Mereka menolak usulan itu dan bahkan memberikan alternatif lain pada pemerintah untuk menerbitkan perppu pengganti calon kepala daerah yang terlibat korupsi.

Namun, pemerintah menolak menerbitkan perppu seperti yang diusulkan KPK karena dianggap bukan kegentingan yang memaksa. Selain itu, perppu pergantian calon kepala daerah juga hanya akan mengubah tahapan pemilu.

Baca Juga : Jaksa Agung Australia Tolak Tuntutan Terhadap Suu Kyi

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024