Menkumham: Junlah Narapidana Tidak Sebanding Dengan Kapasitas Lapas yang Tersedia
Menkumham Yasonna: Kejahatan Itu Produk Sosial Bukan Biologis

Menkumham: Junlah Narapidana Tidak Sebanding Dengan Kapasitas Lapas yang Tersedia

Menteri hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly menyatakan, kapasitas lembaga permasyarakatan masih masalah yang krusial. Pasalnya jumlah narapidana tidak sebanding jengan kapasitas lapas yang tersedia.

“Yang menjadi persoalan kita adalah penambahan napi yang secara ratenya itu sangat tinggi sekali,” ujar Yasonna di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Ahad (19/11).

Baca juga: Penjelasan Hukum Mengenai Tersangka yang Sakit, Bisa Ditahan Atau Tidak?

Yasonna menyebutkan, pertambahan napi, khususnya dari narkoba mengalami pertumbuhan yang paling cepat. Ia mangaku sudah mengajukan revisi PP 99 terkait Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Namun, PP masih belum selesai dan belum diputuskan. “Sudah sampai kita kirimkan ke setneg ya, tapi belum,” ucapnya.

Di samping itu, Yasonna menyebutkan pihaknya selalu mengalami kekurangan anggaran. Tahun ini, menurut dia, Kemenkumham mengalami kekurangan sekitar 180 miliar kekurangan anggaran untuk hal tersebut.

“Tambahan yang di luar budget kita, jadi tahun lalu Sudah mendapat penambahan ruangan, tapi dengan percepatan pertambahan jumlah sungguh sangat mengkhawatirkan,” jelasnya.

Saat ini, tambah Yasonna, pemerintah sedang memikirkan jalan keluar bagaimana solusi menangani masalah ini. Ia menekankan, kerjasama dengan penanganan narkoba menjadi pertimbangan utama. Mengingat, jumlah napi narkoba merupakan jumlah yang terbesar.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024