KAI Dukung KPK Tebas Praktik Korupsi
KAI Dukung KPK Tebas Praktik Korupsi

KAI Dukung KPK Tebas Praktik Korupsi

Rmoljabar.com – Kongres Advokat Indonesia (KAI) mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia. Pasalnya, advokat tidak ingin negara Indonesia tumbuh subur dan menjamur praktik korupsi.

Demikian ditegaskan Sekretaris Jenderal KAI, Aprillia Supaliyanto usai pembukaan Rakernas KAI 2018 yang bertajuk “Membangun Soliditas dan Kualitas Organisasi Untuk Menjaga dan Menguatkan Marwah KAI Sebagai Organisasi Advokat Pejuang”.

“KAI memberikan sikap mendukung peran dan apa yang sudah maupun sedang dilakukan oleh KPK di dalam pemberantasan tindak pidana korupsi,” kata Aprillia di El Royale Hotel, Bandung, Jum’at (9/2).

Selain itu, kata April, ia menginginkan penguatan posisi KAI dalam pembangunan dan penegakkan hukum di Indonesia. Ia menyadiri, advokat merupakan satu bagian daripada unsur penegak hukum.

“Kami ingin mengambil posisi dan peran di situ, karena kalau kita lihat bukan rahasia lagi, bagaimana ada terjadi disharmoni antara lembaga penegak hukum ini di dalam penegakan-penegakan hukum,” ujar April.

Akan tetapi, lanjut April, pihaknya meminta KPK tetap dalam posisi aturan mainnya. Misalnya, KPK memberikan penghormatan dan penghargaan terhadap hak-hak advokat ketika sedang menjalankan tugas dan fungsinya.

“Banyak sekali advokat-advokat mendampingi entah saksi atau tersangka di KPK. Pada saat kami menjalankan tugas dan fungsi itu, KPK juga harus memberikan hak-hak kami yakni hak memberikan pendampingan, karena KUHAP mengatur mengenai hal itu,” tegas April.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023