BCA: Banyak Kasus Uang di Rekening Nasabah Raib Ternyata Ulah Pasangan - Kongres Advokat Indonesia

BCA: Banyak Kasus Uang di Rekening Nasabah Raib Ternyata Ulah Pasangan

Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sekaligus Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso mengatakan, pihaknya terus melakukan edukasi terhadap nasabah agar memaksimalkan perlindungan tabungan di bank.

Menurut Santoso, ada banyak kasus uang nasabah hilang begitu saja, dan setelah dicek, pelakunya adalah orang terdekatnya. Bahkan dalam beberapa kejadian, pelakunya adalah pasangan sendiri. Maka dari itu, penting untuk memastikan password, user id, dan PIN tidak diberikan kepada pasangan.

“Banyak kasus-kasusnya, kita enggak tahu seberapa terbuka, karena pasti namanya user id, password bersifat personal. Kalau nanti giliran terjadi kasus, banyak sekali ada kasus-kasus di ATM tiba-tiba dia merasa ‘kok banyak uang saya yang berkurang’. Kita cek transaksi di satu ATM dan kebetulan ada kamera, setelah dilihat masih banyak, pasangannya,” kata Santoso di ICE BSD, Jumat (8/9/2023).

Tak hanya perkara uang tabungan, Santoso mengungkapkan kasus-kasus lainnya, termasuk seperti pembelian produk di e-commerce. Meskipun dilakukan verifikasi, ternyata dengan terlalu terbukanya hal-hal personal kepada pasangan, akhirnya dimanfaatkan.

“Transaksi di e-commerce juga seperti itu, setelah kita cek e-commerce kontak verifikasi adalah kode one time password (OTP), katakanlah suami, selalu dikirim ke HP suami dong, ternyata bisa masuk ke e-commerce. Berarti ada orang terdekat di sana. Orang terdekat kalau enggak istri ya anak. Banyak kasus yang terjadi,” jelasnya.

Santoso mengatakan, dalam sehari BCA melakukan hampir 100 juta transaksi digital. Dengan nilai transaksi digital yang tinggi, Santoso memperkirakan ada ribuan transaksi yang mungkin berpotensi dilakukan oleh orang terdekat tanpa sepengetahuan pemilik rekening tabungan. KOMPAS

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023